Lionel Messi – Pemain Terbaik Dunia dari Argentina

Lionel Messi adalah seorang pemain sepak bola profesional dari Argentina yang termasuk di antara pemain terbaik di dunia dalam sejarah sepakbola. Satu-satunya pemain dalam sejarah yang memenangkan lima FIFA Ballons d’Or, ia juga pemain pertama yang memenangkan tiga Sepatu Emas Eropa.

Selama karir bermainnya ia memecahkan banyak rekor dunia dan saat ini memegang rekor untuk gol terbanyak di La Liga, musim La Liga (50), tahun kalender (91), satu musim (73), dan pertandingan Liga Champions (5).


Messi Terlahir dalam keluarga yang mencintai sepakbola di Argentina tengah, ia mengembangkan bakat untuk olahraga pada usia dini dan menghabiskan masa kecilnya bermain sepak bola dengan saudara-saudaranya. Dia bergabung dengan tim muda Newell’s Old Boys sebagai seorang anak laki-laki dan mulai bermain untuk tim U-14 FC Barcelona ketika dia berusia 13 tahun. Setelah membuat debut kompetitifnya sebagai pemain berusia 17 tahun, Messi dengan cepat membuktikan dirinya sebagai pemain penting untuk Barcelona.


Kesuksesan besar pertamanya datang di musim 2008-09, di mana ia membantu Barcelona meraih treble winner pertama di sepakbola Spanyol. Selama tahun-tahun berikutnya ia mulai membangun dirinya sebagai top skor Barcelona sepanjang masa dalam kompetisi resmi dan juga pencetak gol terbanyak Argentina sepanjang masa dengan 55 gol dalam 112 pertandingan. Dia pensiun dari Timnas pada tahun 2016 setelah kekalahan Argentina dari Chili di Final Copa America. Tapi, banyak orang yang mulai mendesaknya untuk mengubah pikirannya dan Messi kemudian membalikkan keputusannya dan masuk kembali ke dalam timnas hingga sekarang.

lionel messi

Masa Kecil Messi & Awal Karir


• Lionel Messi lahir dari Jorge Messi dan Celia Cuccittini di Rosario, Provinsi Santa Fe. Dia memiliki tiga saudara kandung, dua kakak laki-laki Rodrigo dan Matias, dan seorang saudara perempuan, Maria Sol. Ayahnya adalah pekerja pabrik baja dan ibunya bekerja sebagai pembersih paruh waktu.
• Pada usia lima tahun, Messi mulai bermain untuk Grandoli, sebuah klub lokal yang dilatih oleh ayahnya. Pada saat dia berusia delapan tahun, dia bermain untuk Old New Boys. Kelompok pemain muda ini sangat berbakat, yang terlihat dari fakta bahwa mereka hanya mengalami satu kekalahan dalam empat tahun ke depan. Itu adalah minat dan bakat mereka untuk permainan yang membuat grup populer dengan sebutan ‘The Machine of’ 87 ‘
• Sayangnya, Messi didiagnosis menderita defisiensi hormon pertumbuhan ketika ia berusia sebelas tahun. Meskipun sangat berbakat, dia tidak ditawari bantuan oleh klub lokal, yang tidak bersedia membayar untuk perawatannya.
• Pada titik inilah Carles Rexach, direktur olahraga FC Barcelona, datang membantunya. Dia berjanji akan menawarkan bantuan kepada Messi dengan membayar tagihan medisnya hanya jika Messi bersedia pindah ke Spanyol. Messi terdaftar di akademi muda Barcelona.
Karier
• Karir Messi dimulai pada tahun 2000 ketika ia bermain untuk jajaran pemain junior. Dalam rentang waktu yang singkat, ia menjadi satu-satunya pemain yang bermain untuk lima tim yang berbeda.
• Keunggulannya di pertandingan itu terlihat dari fakta bahwa Messi dengan cepat bergerak dari tim junior dan masuk ke tim seniot untuk membuat debut liga pada 16 Oktober 2004 melawan RCD Espanyol.
• Gol pertamanya datang pada tahun berikutnya pada tanggal 1 Mei 2005 melawan Albacete. Dia menciptakan sejarah dengan menjadi yang termuda yang pernah mencetak gol dalam pertandingan La Liga untuk Barcelona.
• Ia menerima kewarganegaraan Spanyol pada September 2005, yang akhirnya memungkinkan Messi membuat debut di Liga Championship.
• Perjalanan pertama Messi di Liga Champions adalah melawan klub Italia Udinese. Meskipun ia memasuki lapangan sebagai pemain pengganti, ia memainkan sepakbola yang luar biasa bersama Ronaldinho, keduanya berbagi chemistry yang baik saat melewati dan menerima bola.
• Dari 17 penampilan liga, Messi berhasil mencetak enam gol. Namun, robekan otot di paha kanannya menyebabkan dia keluar dari liga lebih cepat, yang akhirnya dimenangkan Barcelona sebagai juara Spanyol dan Eropa.
• Pada musim 2006-07, Messi tidak lagi menjadi pemain pengganti. Dia menemukan dirinya terdaftar di skuad sebelas anggota. Dalam 26 pertandingan, ia berhasil melesakan gol empat belas kali. Dia bahkan mencetak hat-trick di El Clasico, sehingga menjadi pemain termuda yang pernah mencetak gol di pertandingan ini.

• Tindakan Messi untuk mencetak gol terlalu mirip dengan Maradona, yang menyebabkan dia dicap sebagai ‘Messidona’. Untuk gol tertentu, ia berlari dengan jarak yang sama, 62 meter (203 kaki), mengalahkan jumlah pemain yang sama (enam, termasuk kiper), mencetak gol dari posisi yang sangat mirip, dan berlari menuju bendera pojok seperti yang dilakukan Maradona pada pertandingan Piala Dunia 1986 melawan Inggris pada tahun 1986.
• 27 Februari 2007 melihat Messi memainkan pertandingan ke-100 untuk Barcelona melawan Valencia CF. di Liga Champions, Messi mencetak 6 gol dan memberikan 1 assist sebelum keluar lebih cepat karena cedera otot. Ini adalah keempat kalinya dalam tiga musim Messi mengalami cedera seperti ini. Secara keseluruhan di musim ini, Messi berhasil mencetak 16 gol dan memberikan assist 13 kali di semua kompetisi.
• 2009 adalah tahun yang sukses bagi Messi karena ia tidak hanya memenangkan Copa del Rey pertamanya, tetapi membantu timnya memenangkan La Liga dan akhirnya Liga Champions. Dengan tiga piala di samping mereka dalam satu tahun, Barcelona menjadi klub Spanyol pertama yang memenangkan treble. Messi mencetak hat-trick beberapa kali. Dia mengakhiri musim dengan keseluruhan 38 gol dan 18 catatan assist.
• Sebelum akhir tahun, Barcelona telah mencatat kemenangan lain di Piala Dunia Klub 2009 yang mengalahkan Estudiantes, sehingga total gelar mereka dimenangkan dalam tahun ke enam.
• 2010 adalah tahun hat-trick untuk Messi saat ia mencetak gol melawan CD Tenerife, Valencia CF, Real Zaragoza, sehingga menjadi pemain Barcelona pertama yang mencetak hat-trick back-to-back di La Liga. Dalam pertandingan melawan Arsenal, Messi melanjutkan untuk mencetak empat gol. Tahun berakhir dengan Messi mencetak 47 gol dan 11 assist di semua kompetisi.

• Di final Copa del Rey 2010, Barcelona menghadapi rival berat mereka Real Madrid. Meskipun sang juara bertahan kehilangan piala mereka ke Real Madrid, Messi adalah pencetak gol bersama  Cristiano Ronaldo, dengan 7 gol.
• Di Liga Champion, Barcelona mengalahkan Real Madrid 2-0 di Semi final, dengan Messi mencetak kedua gol. Di final juga Messi mencetak gol kemenangan untuk memberi Barcelona gelar ketiga mereka dalam enam tahun dan keempat secara keseluruhan. Messi menyelesaikan musim 2010-11 dengan 53 gol dan 24 assist di semua kompetisi digabungkan.
• Musim 2011-12 adalah bayangan cermin dari musim sebelumnya bagi Messi karena ia memecahkan rekor demi rekor untuk muncul sebagai pemain bintang bagi Barcelona dan dunia pada umumnya. Dia menjadi pencetak gol tertinggi kedua melampaui Laszlo Kubala pada 194 gol di semua kompetisi resmi. Selain itu, ia menjadi yang kedua dalam daftar pencetak gol Barcelona di La Liga dengan 132 gol. Dia menjadi pencetak gol tersubur untuk Barcelona di semua kompetisi resmi, melebihi Cesar Rodriguez yang legendaris.
• Sementara hat-trik dan quadruples telah menjadi umum bagi Messi, sejarah diciptakan ketika ia mencetak lima gol dalam pertandingan melawan Bayer Leverkusen, yang dimenangkan Barcelona dengan skor 7-1. Dengan ini, ia menjadi pemain pertama yang mencetak lima gol dalam pertandingan Liga Champions UEFA.
• Sementara Barcelona berhasil mempertahankan gelar Copa del Rey mereka, mereka dikalahkan oleh Chelsea di semi-final UEFA Champions League dan juga tidak dapat mempertahankan gelar La Liga.
• Messi, di sisi lain, sejauh ini memiliki tahun atau musim terbaik dalam karirnya sampai saat ia menjadi pencetak gol terbanyak di La Liga untuk kedua kalinya, dengan rekor Liga dari 50 gol. Dia adalah pemberi assist terbaik kedua di La Liga musim itu dengan 16 assist, setelah Mesut Ozil, yang berhasil mendapatkan 17 assist. Dia juga mengakhiri musim sebagai Liga Champions Top Skor untuk keempat kalinya berturut-turut, dengan 14 gol. Dia adalah salah satu pemberi assist teratas turnamen dengan 5 assist dan menyelesaikan musim dengan 73 gol dan 29 assist di semua kompetisi klub, dengan lebih banyak gol dan assist daripada pemain lain dalam sejarah pertandingan.
• Pada tahun 2012, jumlah gol Messi berada di 91 untuk tahun kalender yang merupakan rekor tertinggi yang pernah dicapai, melebihi Gerd Muller’s sebanyak 85 gol. Kinerja Messi yang luar biasa membuat Barcelona memperbarui kontraknya dengan pesepakbola ini hingga tahun 2018.
• Pada Maret 2013, Messi mencetak gol untuk pertandingan La Liga ke-19 berturut-turut, sehingga menjadi pemain sepakbola pertama dalam sejarah yang mencetak gol dalam pertandingan berturut-turut melawan setiap tim di liga.
• Setelah ini, Messi tampil dalam pertandingan melawan Paris Saint-Germain dan kemudian melawan Atletico Madrid. Namun, dia meninggalkan keduanya di tengah jalan karena menderita masalah hamstring.
• Cedera serius menjadi ancaman bagi karirnya tetapi ia bangkit kembali pada tahun 2014, dan memiliki awal yang baik untuk musim 2014-15. Pada akhir tahun, ia berhasil memecahkan tiga catatan lama. Dia mencetak hat-trick melawan Sevilla pada November yang membuatnya menjadi pencetak gol terbanyak sepanjang masa di La Liga.
• Dia memiliki awal yang luar biasa di musim 2015. Dia memberikan penampilan gemilang bersama dengan rekan setimnya Luis Suárez, dan Neymar untuk mencetak total 122 gol di semua kompetisi musim itu, rekor dalam sepakbola Spanyol. Messi sendiri mencetak 58 gol dari total 122 gol.
• Melanjutkan keberhasilannya pada tahun 2016, Messi mencetak dua gol dan membantu dua lainnya dalam kemenangan derbi 4-1 atas Espanyol di Camp Nou di leg pertama babak 16 Besar Copa del Rey 2015-16 di Januari 2016 Pada bulan Februari tahun yang sama, ia mencapai gol liga ke-300 dalam kemenangan tandang 1-3 melawan Sporting Gijon.
• Dia mencetak gol karirnya yang ke-500 untuk klub dan negara pada 17 April 2016 di Barcelona kehilangan 2-1 di rumah ke Valencia. Pada musim 2015-16, ia mencetak total 41 gol dan memberikan 23 assist.
• Dia mengumumkan pengunduran dirinya dari sepak bola internasional menyusul kekalahan Argentina ke Chili di final Copa América Centenario pada 26 Juni 2016.
• Setelah pensiun, sebuah kampanye mulai mendesak Messi untuk mengubah keputusannya. Pada 12 Agustus 2016, diumumkan bahwa Messi telah membalikkan keputusannya untuk pensiun dan akan menjadi bagian dari team Piala Dunia 2018 Argentina.

Lionel Messi memang pemain terbaik dunia dan sudah memberikan kemenangan bagi Barcelona dan banyak uang kepada petaruh yang menjagokan team Barcelona menang. Saat ini kalian bisa mencoba peruntungan melalui permainan judi bola online di Sbobet. Untuk mempunyai akun sbobet maka kalian harus mendaftar dulu di agen sbobet terpercaya Indonesia. Salah satu agen sbobet Indonesia adalah Javabola.com.